Label

Selasa, 01 Januari 2013

JENIS KARANGAN


Karangan merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikan melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Lima jenis karangan yang dapat kita pelajari dalam kesaharian sepertinarasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi.

1.1    Narasi

Narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Terdapat tokoh dalam menghadapi suatu konflik. Tokoh, kejadian, dan konflik merupakan unsur pokok sebuah narasi, jika ketiga unsur ini bersatu disebut plot atau alur. Cerita yang dipaparkan berdasarkan plot/alur disebut narasi.
Narasi dapat berisi fakta atau fiksi . narasi yang berisi fakta disebut narasi ekspositoris sebagai contoh adalah biografi, autobiografi, atau kisah pengalaman, sedangkan narasi yang berisi fiksi disebut narasi sugestif sebagai contoh novel, cerpen, cerbung, dan cergam.

Pola narasi berbentuk susunan
·        Awal narasi biasanya berisi pengantar yaitu memperkenalkan suasana dan tokoh. Bagaimana sebuah awal cerita yang menarik agar dapat mengikat pembaca.
·        Tengah(bagian) narasi merupakan bagian yang memunculkan suatu konflik. Konflik diarahkan menuju klimaks yang secara perlahan-lahan cerita akan mereda.
·        Akhir narasi mereda ini memiliki cara pengungkapan bermacam-macam.

Langkah menyusun narasi (fiksi) :
Menyusun narasi (fiksi) melalui proses kreatif, dimulai dengan mencari, menemukan, dan menggali ide. Cerita dirangkai dengan menggunakan rumus 5W + 1H.  Ada ‘What’ apa cerita yang dipaparkan ‘Who’ siapa pelaku ceritanya ; ‘Where’  dimana tempat cerita terjadi ; ‘Why’ mengapa cerita dapat terjadi ; ‘When’ kapan cerita terjadi ; ‘How’ bagaimana cerita dipaparkan.

Contoh karangan narasi :
Liburan semester genap bulan lalu , aku pulang ke rumah ku yang di Dumai. Dumai merupakan salah satu daerah yang berada di provinsi RIAU. Dari jakarta ke dumai tentu memakan banyak waktu perjalanan. Kalau pesawat menempuh waktu 1jam45menit, sedangkan kapal atau bus dapat menempuh waktu 2hari 3 malam.  Di dumai banyak pabrik kilang minyak mentah. Tau kan pabrik yang aku maksud.? Iyaaa. Pabrik yang menghasilkan minyak yang kalian gunakan setiap harinya seperti bensin, pertamax, dan masih banyak lagi. Tapi walaupun tempat kami penghasil minyak harga minyak yang kami dapat sama harganya seperti yang ibu/bapak kalian beli pada umumnya. Tidak ada special harga buat warga dumai.

1.2    Deskripsi

Deskripsi adalah karangan yang menggambarkan atau melukiskan sesuatu seakan-akan pembaca melihat, mendengar, merasakan, mengalaminya sendiri.

Langkah menyusun deskripsi :
1. Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan
2. Tentukan tujuan
3. Tentukan aspek-aspek yang akan dideskripsikan dengan melakukan pengamatan
4. Susunkah aspek-aspek tersebut ke dalam urutan yang baik, apakah urutanlokasi, urutan waktu, atau urutan menurut kepentingan
5. Kembangkan kerangka menjadi deskripsi

Contoh deskripsi berisi fakta :
Angin dingin menerpa membuat tulang-tulang di sekujur tubuh bergemeretak. Jalanan yang masih sepi , sawah yang terbentang luas, pohon-pohon menjulang tinggi dan pohon-pohon yang rindang sehingga hanya ketenangan yang terasa. Dingin yang memberi kesegaran yang tak bisa ku dapat di ibukota negara ini tempat ku tinggal. Kerbau, lembu, ayam, bebek dan lainnya dari kandang yang mengurung mereka semalaman. Kokok ayam menambah keramaian di tengah sepinya jangkrik mesin yang lalu lalang .

Contoh deskripsi berupa fiksi :
Salju tipis melapis rumput, putih berkilau diseling warna jingga; bayang matahari senja yang memantul. Angin awal musim dingin bertiup menggigilkan, mempermainkan daun-daun sisa musim gugur dan menderaikan bulu-bulu burung berwarna kuning kecoklatan yang sedang meloncat-loncat dari satu ranting ke ranting yang lain.

1.3    Eksposisi

Eksposisi  atau disebut juga paparan proses. Karangan ini lebih untuk grafik, gambar atau statistik. Tidak jarang eksposisi ditemukan hanya berisi uraian tentang langkah/cara/proses kerja.
Langka untuk menyusun eksposisi :
-         Menentukan topik / tema
-         Menetapkan tujuan
-         Mengumpulkan data dari berbagai sumber
-         Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih
-         Mengembangkan kerangka menjadi kerangka eksposisi

Biasanya eksposisi itu berisi tentang : sekolah kejuruan sebagai bidang pengetahuan, manfaat kegiatan, langkah/cara/proses/kerja atau proses suatu pekerjaan.

Contoh karangan Eksposisi :
Wajah pendidikian kita sudah mulai banyak berubah . Dulu Indonesia merupakan pusat yang dicontoh soal pendidikannya. Banyak orang hebat yang berasal dari indonesia dalam berbagai bidang seperti Sains, olahraga, dll. Pendidikan adalah investasi yang lama dan mahal harganya. Entah mengapa orang indonesia yang dulu hebat ga ada saat ini. Semua tiba-tiba seperti jatuh dan tak berprestasi. Sangat sulit sepertinya Indonesia mengejar ketertinggalan ini. Padahal kita sendiri tahu banyak dan pasti melimpah sumber daya manusia yang tak kalah berprestasi dari negara lain.

Cara membuat es buah segar :
Bahan : mangga, strawberi, nangka, buah naga, nata de coco, 500ml santan encer, 75g gulapasir, dan daun pandan.
 1.Masak santan, gula dan daun pandan hingga mendidih, lalu angkat dan dinginkan 2. Taruh buah-buahan dan nata de coco dalam gelas 3. Jika semua buah sudah dimasukkan dalam gelas tuang santan dan jangan lupa tambahkan es batu. Selamat mencoba.

1.4     Argumentasi

Argumentasi adalah karangan yang membutikkan kebenaran suatu hal/pendapat /fakta yang digunakan sebagai alasan. Karangan ini berusaha meyakinkan pembaca tentang suatu kebenaran dengan memperkuat ide, dan pendapat penulis. Karangan ini bertujuan untuk mengubah dan mempengaruhi sikap dan pandangan pembaca. Adanya ide dan pendapat penulis disertai bukti-bukti yang konkret.
Ciri-ciri karangan argumentasi yaitu :
1. Terdapat pernyataan, idea atau gagasan yang dikemukakan
2. Pembenaran berdasarkan fakta dan data yang disampaikan
Contoh karangan Argumentasi :
Masih soal pendidikan. Janji sana sini saat seseorang ingin menjadi pemimpin. Jika saya menjadi presiden SAYA AKAN MEMBERIKAN PENDIDIKAN GRATIS BUAT WARGA YANG TIDAK MAMPU. Itu memang terjadi tapi tidak merata sampai ke pelosok daerah . masih banyak dan sangat banyak anak yang tak mengenyenyam sekolahan. Di kota sekolah berlomba-loba memberi fasilitas sarana dan prasaran , semahal apapun

1.5    Persuasi

Karangan persuasi adalah karangan yang meyakinkan pembaca agar melakuakn perintah, nasihat, atau ajakan penulis. Ciri-cirinya terdapat himbauan atau ajakan, berusaha mempengaruhi pembaca.
Topik/ tema yang tepat untuk persuasi, misalnya:

Katakan tidak pada NARKOBA
Hemat energi demi generasi mendatang
Hutan sahabat kita
Hidup sehat tanpa rokok
Membaca memperluas cakrawala
Langkah menyusun persuasi:
Menentukan topik/ tema
Merumuskan tujuan
Mengumpulkan data dari berbagai sumber
Menyusun kerangka karangan
Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan persuasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar