Label

Kamis, 01 Maret 2012

Mengatasi Default Browser Android Yang Tampil Setengah Layar

Ya, seperti judul diatas, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang kendala yang baru-baru ini saya temukan pada HH saya (Samsung Galaxy Gio), serta tidak lupa cara mengatasinya.
Semalam sebelum tidur, saya iseng ingin mengakses situs studentsite.gunadarma.ac.id untuk mengecek nilai ujian utama yang baru saja keluar dengan mengunakan default browser HH saya (Samsung Galaxy Gio). Saya menemui kendala dalam mengakses situs tersebut, situs yang ditampilkan hanya setengah layar, seperti gambar dibawah ini;
 




















“ada apa dengan default browser android saya?”, sampai akhirnya saya pun memutuskan untuk googling dan masuk ke forum2 android untuk mencari solusi untuk android saya. Saya menemukan banyak orang yang mengalami masalah serupa dengan Default Browser-nya di forum-forum android namun pencarian saya tidak menghasilkan solusi yang berarti.
Yang saya tangkap dari jawaban-jawaban member forum maupun hasil gooling, ternyata JavaScript pada default browser android harus di-enable kan agar dapat tampil satu layar penuh (full screen).
Nah masalahnya adalah, ketika saya cek di setting default browser android saya, tulisan “Enable JavaScript” sudah di ceklist..



Lalu saya iseng membuka situs m.youtube.com pada default browser saya, tapi tampilan yang muncul bukan tampilan home dari youtube melainkan seperti ini;


“Loh.. ada apa ini? JavaScript Default Browser saya kan udah di enable, terus knp masih ada tulisan seperti diatas?”

Saya mulai berpikir kalau masalah ini bukan datang dari Default Browser saya..

Saya coba mengutak-ngutik settingan “Access Point Names” pada menu “Settings” dan mengosongkan “Proxy” yang sebelumnya diisi dengan value “10.19.19.19” dan “Port” yang sebelumnya diisi dengan value “8080”.



Untuk merubah proxy dan port dapat dilakukan dengan langkah berikut:
1.   Settings,
2.   Wireless and networks,
3.   Mobile networks,
4.   Access Point Names,
5.   Kosongkan nilai proxy dan port.

Setelah mengosongkan proxy dan port tampilan default browser saya dalam mengakses internet susah kembali seperti semula :)



Kesimpulannya, masalah seperti ini bukan terdapat pada aplikasi default browser anda tapi karena ada beberapa jaringan operator yang memang memiliki value pada port dan proxynya. Port dan Proxy yang diisi mengakibatkan JavaScript pada HH anda tidak dapat diakses oleh default browser.

Solusi lain pada permasalahan seperti diatas adalah dengan menginstall aplikasi browser lain yang ada di market, baik yang free maupun yang paid seperti Opera Mini, Dolphin Browser, FireFox, dll.

Semoga bermanfaat :)

1 komentar: